PTBA Tak Ikut Tender Batubara Kalori Rendah PLN

Jakarta – PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) memastikan tidak akan mengikuti tender pengadaan batubara berkalori rendah (Low Rank Coal/LRC) sebanyak 3,26 juta ton per tahun yang diadakan PT PLN (Persero).

“PTBA belum bisa ikut,” ujar Direktur Utama PTBA Sukrisno dalam pesan singkatnya, Jumat (10/7/2009).

Sukrisno menjelaskan alasan pihaknya tidak ikut dalam tender yang dibuka mulai hari ini disebabkan keterbatasan produksi yang sudah disesuaikan dengan kemampuan kapasitas angkut. Selama ini, PTBA memang mengaku sulit menaikkan kapasitas produksi tambang batubara PTBA di Sumatera Selatan, sebab sarana transportasi dari mulut tambang ke pelabuhan terbatas.

“Kami tidak bisa ikut karena ada keterbatasan produksi yang disesuaikan dengan kemampuan kapasitas angkut yang ada,” jelasnya. Produksi PTBA tahun ini bekisar 12 juta ton. Dari rencana produksi itu, sebanyak 8,2 juta ton diantaranya dipasarkan untuk domestik dan sisanya masuk ke pasar spot serta kontrak jangka pendek seperti ekspor.
Sementara itu, Kepala Satuan Energi Primer PLN, Nasri Sebayang menyatakan tender yang diadakan PT PLN ini merupakan tender ketiga yang dilakukan pada tahun ini dan bukan yang terakhir di 2009.

“Ini tender yang ketiga untuk tahun ini. Mungkin juga masih akan ada tahap berikutnya untuk sisipan-sisipan in case ada yang gagal,” ujar Nasri saat dihubungi wartawan.

Seperti diketahui, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuka tender pengadaan batubara berkalori rendah (Low Rank Coal/LRC) sebanyak 3,26 juta ton per tahun. Batubara ini akan digunakan untuk bahan bakar pembangkit program percepatan di Jawa dan luar Jawa.
(epi/lih)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: