PTT Thailand Incar Tambang Batubara Indonesia

Bangkok – PTT International mengincar tambang batubara di Kalimantan. Perusahaan energi terbesar Thailand itu mengumumkan akan menuntaskan rencana investasinya di perusahaan tambang batubara Indonesia dalam 6 bulan ke depan.

“Kita sedang dalam pembicaraan untuk investasi tambang batubara. Ini akan menjadi investasi bersama guna membantu ekspansi kami,” ujar chairman PTT International, Chitrapongse Kwangsukstith seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/11/2009).

PTT juga menyatakan sedang mencari peluang untuk mencari aset batubara lainnya di Indonesia dan Australia.

Kesepakatan terakhir yang dicapai PTT adalah untuk pembelian tambang Australia, Straits Resources senilai US$ 335 juta. Kesepakatan itu mendandai masuknya PTT ke bisnis batubara untuk pertama kalinya, sekaligus menjadi investasi kedua di Australia.

Chitrapongse memperkirakan PTT akan menaikkan produksi batubaranya menjadi 9 juta ton pada tahun ini. dari 7-8 juta ton pada tahun 2008. Produksi batubara diharapkan meningkat lagi menjadi 11-12 juta ton pada 2010 dan 20 juta ton dalam 5 tahun ke depan.

Direktur Keuangan PTT, Tevin Vongvanick mengatakan, dalam rencana 5 tahunnya, PTT ingin meningkatkan pendapatan dari investasinya di luer menjadi 20% dari total pendapatan grup. Saat ini kontribusi pendapatan asing hanya 10%.

PTT saat ini merupakan perusahaan publik terbesar di Thailand dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 29 miliar. PTT saat ini tercatat memonopoli sektor migas Thailand dan mengontrol 30% bisnis petrokimia, eksplorasi gas, minyak dan kilang.

(qom/dro)

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: